Rabu, 11 November 2009

Pengalaman Pertama dengan Linux

Cerita ini adalah pengalaman bulan April tahun 1997 lalu, saat itu sistem operasi bernama UNIX sudah sering saya dengar tetapi belum pernah mencicipi menginstal software tersebut, sampai tahun tersebut sistem operasi yang pernah saya coba instal adalah DOS (baik MS-DOS ataupun PC-DOS), Windows 3.x, dan Windows 95.

Bersama beberapa teman, ketika sedang mengunjungi sebuah toko penjual CD aplikasi, saya menemukan sebuah CD software yang cover depannya bertuliskan "The Complete LINUX Kit, The Power of UNIX is Now Yours! Of Course on Your PC!!".

Selanjutnya saya teruskan memahami tulisan yang ada di cover belakangnya, disana diberitahukan bahwa paket sistem operasi ini sudah ada software development seperti C++, ada aplikasi untuk koneksi internet, ada game seperti Doom dan Tetris, dan ada DOS emulator.




"Wah, UNIX versi PC nih", komentar saya ke teman-teman, langsung saya beli CD tersebut dan exprimen cara instalnya di rumah. Butuh satu atau dua hari untuk mengerti bagaimana cara instalnya, karena kalau di DOS atau Windows ada aplikasi yang berextension .COM atau .EXE yang kalau di klik akan jalan, tetapi di CD Linux saya tidak menemukan file seperti instal.exe atau setup.exe, benar-benar pengalaman baru waktu itu, untuk mengerti isi CD maka saya jelajahi menggunakan Norton Commander versi DOS, memanfaatkan text viewer atapun hex viewernya untuk melihat semua isi file.

Sampai kemudian saya mengerti bahwa harus membuat boot disk menggunakan file disket 1,44MB atau 1,2MB dan disketnya tidak boleh ada bad sector, karena proses pembuatan disk menerapkan sistem copy per sector bukan copy file seperti yang biasa dilakukan untuk mengcopy dari satu media ke media lain.

Setelah mengetahui proses pembuatan boot disk dan menjalankan disk tersebut maka proses instalasi mulai berjalan, setelah selesai instalasi ternyata saya hanya menemukan Linux tersebut berbasis mode text, saya baca-baca lagi isi file manualnya dan ternyata Linux ini juga punya Windows namanya kalau di Linux adalah X-Window.

Melalui ketekunan membaca file-file dokumen di CD tersebut, akhirnya saya bisa melihat Linux baik dalam mode text ataupun X-Window nya, game Doom nya pun bisa dimainkan, kala itu sebuah kebanggaan bagi saya bisa menginstal Linux dan X-Window, mengingat kernel Linux nya masih versi awal dan proses instalasinya belum seperti sekarang yang sudah mode GUI. Suatu kepuasan bagi saya karena semua proses tersebut saya lakukan sendiri dan tanpa bantuan internet ;)

Akhir kata, dalam melakukan sesuatu janganlah pernah menyerah, cobalah dengan gigih dan teliti, semoga berhasil dengan apapun eksprimen anda ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar