Senin, 16 November 2009

Mengakses Google Talk Versi Online dengan iGoogle

Saya perlu menulis ini agar dikemudian hari saya tidak lupa bagaimana mengakses Google Talk versi online, ini berhubungan juga dengan artikel saya yang ini: Menempelkan Google Talk dan YM! ke Website, di sana dituliskan bahwa sebaiknya jangan pakai Google Talk versi desktop tetapi pakailah yang versi online.

Google menyediakan all-in-one-login ke akun google dan menaruhnya dalam satu tampilan web, fasilitas ini disebut iGoogle. Sebelum masuk ke iGoogle, masukkan dahulu Google Talk ke dalam iGoogle dengan cara masuk ke alamat:http://www.google.com/talk/thankyou.html dan cari gambar seperti dibawah ini kemudian lakukan seperti yang diminta pada gambar.

Sekarang masuk ke iGoogle, dengan login di alamat iGoogle, setelah login akan muncul tampilan seperti di bawah ini:





 Di dalam iGoogle, semua akun Google kita dikumpulkan menjadi satu tampilan web, sehingga sangat memudahkan untuk mengakses semuanya.

Sehingga sekarang kalau ada orang yang masuk ke web atau blog kita yang sudah ditempelkan "Google Talk Chatback Badge" maka kita dapat melakukan chat dengan orang tersebut di Google Talk dalam iGoogle tersebut.
  • Keuntungan: dengan mengakses iGoogle maka kita memiliki all-in-one-login semua akun Google, tidak perlu lagi buka banyak jendela browser.
  • Kekurangan: iGoogle hanya bisa diakses di browser PC, tidak ada bentuk aplikasinya untuk yang sering mobile (symbian, windows mobile, java, dll. Belum coba akses pakai Opera Mobile atau Opera Mini terbaru apakah bisa diakses atau tidak.
-----------------------
Saya coba sign-out dari iGoogle kemudian sign-in ke akun Gmail saya, kemudian masuk "Google Talk Chatback Badge" dari blog saya untuk mengajak chat, ternyata bisa juga chat tersebut dibalas dari dalam Gmail, seperti dibawah ini tampilannya:



    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar