Selasa, 10 November 2009

Ngumpetin Bad Sector Hard Disk Lewat BIOS

Ini pengalaman November 2001 lalu, waktu itu harddisk komputer kakak saya mengalami bad sector di bagian belakang HDD. Biasanya agar bad sectornya tidak tampil, kita melakukan partisi dengan aplikasi partition manager dan daerah yang terkena bad sector tidak perlu dipartisi, artinya daerah bad sector masuk ke partisi 'unpartition area'.

Waktu itu saya berpikir, dan ini dulu murni ide saya, bukan dapat dari internet ataupun dari teman ataupun dari buku; "Mungkinkah daerah bad sectornya bisa diumpetin lewat BIOS?" Saya masuk ke BIOS, waktu itu BIOS nya Award BIOS, saya amati cylindernya dan saya ubah ukuran cylindernya agar kapasitas harddisk mengecil, hasilnya area bad sector dapat disembunyikan ;)

Berikut setingan di BIOS nya :



Nomor 1 adalah mode LBA di BIOS.
Nomor 2 adalah setingan Normal, kelihatan Cylindernya 9440 (ini sebabnya Landing Zone selalu Cylinder diambil 1)
Nomor 3 adalah MAGIC yang saya lakukan, ukuran Cylinder dikecilkan sehingga ukuran harddiskpun mengecil, efeknya kalau ada bad sector dibagian belakang HDD maka tidak akan tampak ;) Landing Zone jangan diubah biar head tidak salah ditempatkan (artinya menghindari cakram HDD tergores)

Keuntungan menggunakan nomor 3 adalah harddsik dapat di partisi / di fdisk dan di format tanpa takut ada bad sector, karena bad sector sudah diumpetin lewat BIOS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar