Jumat, 13 November 2009

Set Konfigurasi Borland C++

Beberapa minggu lalu saya melihat teman yang sedang mengajar aplikasi C++ menggunakan Borland C++ v3.1 di sebuah sekolah, tetapi coding yang sudah diketik tidak bisa dicompile ataupun di run. Software ini dimasukkan ke komputer teman saya bukan dengan cara instal tetapi hasil copy foldernya dari komputer lain, dugaan awal softwarenya rusak tetapi masalahnya tidak ada installer untuk instal ulang software tersebut.

Setelah coba oprek-oprek menu Borland C++ nya akhirnya saya menemukan jawabannya, dan segera saya emailkan ke teman saya tanggal 26 Oktober 2009 lalu.

Penyebabnya karena pathnya belum di setting di Borland C++ nya, soalnya ini kan dulu copyan bukan instal dari awal. Nah kalau copy-an seperti ini untuk set pathnya gampang kok dan dijamin tetap bisa jalan, silahkan simak langkah-langkah berikut:

Masuk ke menu ‘Options’ sepertai gambar dibawah lalu pilih ‘Directories’ :



 Berikut tampilan setelah klik ‘Directories’, nah silahkan diubah kedua alamat foldernya menjadi alamat folder sebenarnya di komputer, setelah itu tekan ‘OK’



Setelah itu masuk lagi ke ‘Options’ dan masuk ke ‘Save’, seperti dibawah untuk menyimpan konfigurasi :



Akan muncul seperti dibawah, sebenarnya hanya ‘Environment’ saja yang perlu di centang untuk meyimpan konfigurasi folder, setelah itu tekan ‘OK’

Tips: sebaiknya sebelum masuk menu ini, tutup dahulu semua cpp yang sedang dibuka, dan buka file baru dengan cara masuk ke ‘File’ lalu ‘New’, baru masuk ke ‘Option’ lalu ‘Save’, agar ketika masuk lagi ke C++ tampilan terlihat bersih (tidak selalu membuka cpp yang dibuat sebelumnya).



DONE.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar