Selasa, 10 November 2009

Membuat Komputer Client Menjadi Secepat Komputer Server

Ini pengalaman Februari 2002 lalu, saat itu ada teman mengatakan ada program yang bisa membuat komputer client (misal 486) menjadi secepat komputer server dimana client tersebut terhubung (misal PII 300), program seperti ini berguna untuk dipakai misal di warnet atau di rental komputer, jadi cukup satu komputer yang kecepatannya sangat tinggi untuk dijadikan server, sementara clientnya bisa memakai komputer-komputer tua.

Program itu bernama Citrix MetaFrame, versi terbarunya saat itu adalah v1.8. Program tersebut harus dijalankan di atas sistem operasi Windows Terminal Server 4.0 (selanjutnya saya sebut WTS4) yang sebenarnya adalah Windows NT 4.0 Server yang telah dimodifikasi untuk penggunaan di area Thin Client. Citrix MetaFrame adalah pelengkap WTS4 dan merupakan hasil kerja bareng Microsoft dengan Citrix, program pendahulunya yaitu Citrix WinFrame berjalan diatas Windows NT 3.51 edisi multi-user.

Menurut dokumentasi penginstalan MetaFrame, sebaiknya WTS4 diinstal dalam mode "Standalone Server", karena kalau dalam mode "Primary Domain Controller" lebih rakus memori dan kurang baik untuk banyak komputer. Kalau sudah instal MetaFrame, maka di komputer-komputer client untuk konek ke server tidak bisa lagi pakai "Client for WTS" tetapi harus pakai "Client for Citrix".



Setelah menginstal WTS4 dan MetaFrame, selanjutnya aplikasi bawaan WTS4 yaitu 'Program Neighborhood' di set Farm-nya,lalu saya instal Service Pack 3 untuk WTS4, dan instal Microsoft Office 97 (seting agar multiusernya aktif di Program Neighborhood), kemudian aplikasi Officenya seperti Word dan Excel dimasukkan ke Farm.

Semua aplikasi yang telah dimasukkan ke Farm, nantinya bisa diakses oleh semua client yang telah login ke server. Komputer client walaupun hanya 286 dan menggunakan sistem operasi DOS, menggunakan aplikasi "Client for Citrix" versi DOS dapat konek ke server WTS4, setelah konek ke server WTS4, otomatis tampilan komputer client menjadi mirip tampilan server yaitu WTS4, dan sebenarnya setelah konek ke server maka yang diakses adalah benar-benar komputer server (juga kecepatannya) kalau servernya cepat maka kecepatan komputer server bisa dinikmati oleh semua client.

Percobaan saya dulu hanya menggunakan dua buah komputer, sbb:
Komputer server: Pentium 233 MMX, RAM 96 MB
Komputer client: Pentium 200, RAM 32 MB

Memang tidak beda jauh kecepatan komputer server dengan client yang saya gunakan, tetapi bagi saya adalah memahami proses kerjanya agar di kemudian hari berguna untuk memahami proses kerja sofware lain yang serupa.

Butuh waktu 7 hari untuk sukses menginstal MetaFrame dari semenjak hanya mendengar nama software tersebut dari teman, semua proses instal dilakukan tanpa bantuan orang lain, WTS4 dan MetaFrame nya cari sendiri di Mangga Dua (harus instal di WTS4-pun tidak ada yang memberitahu, tetapi untung dapat infonya setelah browsing dari internet). Itulah gunanya internet, jadi sekarang saya share juga hasilnya ke internet ;)

NB: apalagi sekarang prosesor sudah ada Core 2 Duo dan Core 2 Quad, dll, makin cepat pastinya untuk sharing kecepatan prosesor server ke komputer-komputer client.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar