Minggu, 01 Agustus 2010

Kuliah S2 Universitas Terbuka

Belakangan ini ngutak-ngatik Moodle, baca-baca tentang elearning dan mlearning (mobile learning), kemudian terpikir apakah ada kuliah S2 di Universitas Terbuka (UT), eh dicari ternyata memang ada yaaa, saya aja yang ketinggalan info hehe.

Pikir pikir saya itu rasanya ga akan bisa ngambil S2 karena tidak sanggup belajar kudu dateng ke kelas lama-lama, selama dua tahun harus belajar di kelas seperti itu rasanya akan membosankan, plus pengalaman SMA dan S1 saya yang memang ga kuat belajar secara disiplin dan formal. Tetapi kalau pakai sistem universitas terbuka rasanya menarik. Tidak perlu harus tiap sesi datang kuliah jadi bisa tetap luangkan waktu buat keluarga (satu semester biasanya ada 8 pertemuan tatap muka, biasanya di hari sabtu atau minggu, jadi kalo mau tanya dosen secara tatap muka tetap bisa dilakukan), kita dapat buku yang dibuat tim dosen UT (katanya kualitas buku sudah diakui), UT ternyata sudah dapat pengakuan internasional untuk sistem pembelajaran jarak jauh yang diterapkannya, tahun 2008-2010 terpilih sebagai pemimpin organisasi pembelajaran jarak jauh di Asia (kayaknya ada organisasi itu di dunia ini), sudah memiliki beberapa sertifikasi ISO, merupakan 1 dari 7 Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang masuk kategori World Class, beberapa orang yang lulusan UT (gak tahu S1 atau S2 nya) adalah Ibu Negara istri SBY dan Wiranto.

Jurusan S2 di UT ada Magister Manajemen, Manajemen Perikanan, dan Manajemen Administrasi Publik, biaya kuliah per semesternya kira-kira 6 juta sudah include biaya paket bahan ajar, tutorial, biaya ujian dan konseling, maupun praktisi manajemen. Pendaftaran di buka di bulan April-Mei dan di bulan Nopember-Desember.

Kekurangan kuliah di UT adalah tidak cocok untuk orang yang lebih senang belajarnya dicekokin oleh dosen, UT hanya cocok untuk orang yang mau belajar secara mandiri. Ada cara untuk pembelajaran seperti ini yaitu menggunakan metode M.U.R.D.E.R (Mood Understand Recall Digest Expand Review) yang cocok untuk cara belajar jarak jauh di UT, plus ditambah metode mindmap seperti menggunakan aplikasi www.mind42.com + google docs yang cloud computing banget.

Ternyata UT itu sendiri sudah menerapkan elearning dan mlearning, hal yang sama yang akan saya buat untuk proyek kantor yaitu e-LKS BCEP, nantinya akan ada versi m-LKS nya (bukannya meniru tetapi sudah ada rencana sebelum mencari info tentang UT ;p). UT juga menggunakan Moodle lho dan Moodle sudah digunakan di UT sejak tahun 2004 lalu, wowww.

Konsep pembelajaran jarak jauh UT sendiri menarik untuk diteliti lebih lanjut sudah sejauh mana keberhasilannya, sementara tampilan desain website2nya (website UT banyak subdomainnya) kurang bagus, sepertinya mereka lebih mementingkan isi konten untuk para mahasiswanya. Beberapa website UT menggunakan Moodle dan Joomla, senang sekali melihat open source dimanfaatkan dengan maksimal untuk pendidikan.

Btw dosen di UT sepertinya disebut Tutor karena tidak sering ketemuan secara tatap muka, tapi lewat email, chat, forum, conference. Kayaknya jadi dosen/tutor di UT juga menarik, soalnya ngajarnya bisa dari mana saja kali yaa hehe.

Ini beberapa website referensi:
http://www.ut.ac.id (website UT)
http://jakarta.ut.ac.id/index.php/program-s2-pascasarjana.html (info S2 UT di Jakarta)
http://www.dikti.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=1091:ut-makin-berkualitas&catid=69:berita-terkait&Itemid=196
http://pangkalpinang.ut.ac.id/index.php/pengakuan-dunia-ut.html
http://alumnifatek.forumotion.com/tampilan-pada-portal-f1/tua-muda-berpadu-kuliah-di-ut-t346.htm
http://edukasi.kompas.com/read/2010/02/25/15373297 (yang ini beritanya sedikit miring)

6 komentar:

  1. Kursus Jahit Yogyakarta
    Kursus Jahit Bordir Jogja Kursus Jahit Bordir Yogya
    LPK NAVITA

    Tempat Pelatihan Orang Mandiri
    Pelatihan Jahit, Kaos, Bordir, Tas, Sulam Pita, Payet, Kreasi Flanel, Aplikasi Kain Perca

    Mudah-Murah-Hemat-Terampil

    Kenapa memilih LPK Navita:
    Berpengalaman sejak 2003
    Berpengalaman dalam Gugus Kendali Mutu Nasional 2009
    Mesin Jahit Bordir Lengkap Kecil-Besar
    Magang
    GRATIS lebih dari 70 Modul Jahit Terbaik EBOOK senilai 500.000
    Biaya Mulai 250rb/program
    Tempat terjangkau(200m ke selatan Jalan Kusumanegara)
    Disediakan asrama bagi yang berasal luar kota yogya
    Terima Order Jahitan Partai Besar/Kecil

    Glagah Uh4/196
    Warungboto Umbulharjo yogyakarta
    PH.(0274)450326/714205

    buka cabang di sleman :
    Perum Sidoarum Blok III Jl. Kepodang S-42
    Godean Sleman Yogyakarta
    HP. 085740028487
    pin bb 75F08617

    Kursus Jahit

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Good saya tertarik masuk S2 UT bahan ujian masuknya bisa di beli di mana ya

    BalasHapus
  4. Good saya tertarik masuk S2 UT bahan ujian masuknya bisa di beli di mana ya

    BalasHapus
  5. Apakah ijazah s2 ut bisa jai dosen

    BalasHapus
  6. saya tertarik untuk s2 di ut. apakah sistemnya sama seperti s1 ada TAP dan karilnya? terima kasih

    BalasHapus